:::: MENU ::::
  • Konsultan IT Berpengalaman

  • Design Grafis - Aplikasi Android - Aplikasi Web dalam 1 Order

  • Jasa Presentasi Profesional

Thursday, January 15, 2015

Nama domain internet yang tadinya hanya diperuntukkan untuk pemilik situs yang notabene manusia, kini tak lagi demikian sejak hadirnya sekawanan mesin di era Internet of Things (IoT) dan Machine to Machine (M2M).

Hal itu terungkap dari keterangan Verisign, Jumat (16/1/2015). Lembaga verifikasi internet ini mencatat sedikitnya ada empat juta nama domain baru yang hadir. 

Sehingga jumlah nama domain terdaftar di seluruh dunia pada semua domain tingkat atas (top level domain/TLD) mencapai angka 280 juta. Penambahan itu terjadi sepanjang kuartal kedua 2014 lalu hingga 30 Juni 2014. Angka itu diperkirakan masih akan terus bertambah dalam enam bulan terakhir.

Sementara peningkatan empat juta nama domain secara global menandakan tingkat pertumbuhan sebesar 1,4% selama kuartal pertama tahun 2014, meningkat sebesar 18,6 juta, atau 7,2% bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

TLD untuk .com dan .net mengalami pertumbuhan agregat pada kuartal kedua tahun 2014, mencapai jumlah angka gabungan sekitar 128,9 juta nama domain pada zona yang disesuaikan untuk .com dan .net.

Hal ini mewakili peningkatan pertumbuhan per tahun sebesar 3,7%. Pada tanggal 30 Juni 2014, nama yang terdaftar pada .com mencapai angka 113,7 juta nama, sementara .net mencapai angka 15,2 juta nama.

Pendaftaran nama domain.com dan .net baru mencapai angka 8,5 juta selama kuartal kedua tahun 2014. Pada kuartal kedua tahun 2013, pendaftaran nama domain .com dan .net baru mencapai jumlah 8,7 juta.

Selama kuartal kedua tahun 2014, beban kueri Sistem Nama Domain (DNS) harian rata-rata Verisign adalah 95 miliar di seluruh TLD yang dioperasikan oleh Verisign, dengan puncaknya mencapai angka 204 miliar.

Bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, rata-rata harian meningkat 11,7% dan puncaknya meningkat 70,4%. Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, beban query rata-rata harian meningkat 18,8% dan beban query puncak menurun 16,6%.

Seiring dengan semakin banyaknya manusia dan sekawanan mesin -- M2M maupun IoT -- di internet, dunia di masa depan dipastikan akan selalu terkoneksi secara online untuk berbagi informasi dan data yang berpotensi mengubah cara hidup dan kerja manusia.

0 komentar:

Post a Comment

Rencanakan dan Wujudkan melalui kreatifitas Kami Hubungi Kami