:::: MENU ::::
  • Konsultan IT Berpengalaman

  • Design Grafis - Aplikasi Android - Aplikasi Web dalam 1 Order

  • Jasa Presentasi Profesional

Thursday, March 12, 2015

Apa itu NFC?

NFC atau Near Field Communication, diartikan secara harfiah Komunikasi Medan Dekat adalah seperangkat teknologi konektivitas nirkabel berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat.

Contoh smartphone yang menggunakan fitur NFC diantaranya; iPhone 6, iPhone 6 Plus, Samsung Galaxy S5 – S6 – Note 4 dan beberapa smartphone high-end keluaran 2015  keatas.

Cara kerja NFC – yaitu dengan menyentuh atau menempatkan perangkat mereka dekat dengan layanan yang dikehendaki. Setelah sambungan dibuat dalam hitungan detik, informasi dapat dipertukarkan antara kedua perangkat, baik menggunakan NFC secara langsung atau melalui teknologi nirkabel lain seperti WiFi, Bluetooth, UWB atau ZigBee.

Kegunaan NFC pada Smartphone

Di Amerika, pembayaran menggunakan mobile sudah sangat populer. Jadi NFC bekerja seperti PayPass MasterCard dan VISA atau kartu kredit. Jadi sebuah smartphone dilengkapi dengan NFC dan didekatkan pada NFC-enabled payment terminal akan berfungsi sebagai alat pembayaran. Di San Francisco, NFC digunakan sebagai alat pembayaran parkir. Di Austrian NFC dipakai juga untuk pembayaran tiket kereta.

Sebuah file dapat di kirim melalui wireless antara dua smartphone yang memiliki teknologi NFC. Seperti smartphone dilengkapi dengan Android Beam, sebuah fitur yang memungkinkan dua smartphone dengan cepat mengirimkan web page, kontak, foto, video atau informasi lainnya. Sentuhkan bagian belakang kedua smartphone dan file akan dikirimkan.

Selain Android, fitur ini juga dimiliki di beberapa smartphone yang berplatform OS Blackberry dan Windows Phone. Sementara iPhone masih dalam proses pengerjaan, dan rencananya (rumor), fitur ini akan segera di hadirkan di smartphone anyar mereka yakni iPhone 6.

Seperti bluetooth ya? Tidak juga. Perbedaan NFC dan Bluetooth terletak pada jangkauan berkomunikasi dan mekanisme komunikasi. NFC hanya bisa berkomunikasi pada jarak yang lebih pendek daripada Bluetooth, yaitu pada kisaran kurang dari 10 cm saja atau dengan cara menyinggungkan dua jenis perangkat, sedangkan Bluetooth bisa tetap berfungsi dalam jarak sampai 10m. Kelebihan NFC dari Bluetooth adalah kemampuannya berkomunikasi tanpa proses pairing/ passcode seperti halnya Bluetooth. Selain itu NFC menguras energi baterai lebih sedikit daripada Bluetooth.

NFC juga dipakai untuk mendapatkan Informasi iklan atau produk. Banyak iklan atau produk sebuah perusahan menggunakan QR code yang berisi informasi. Sekarang teknologi tersebut perlahan telah di gantikan oleh NFC.

Ketika anda ingin bepergian menggunakan pesawat, NFC bisa digunakan sebagai Transit dan Boarding pass di bandara.

Dengan NFC anda tidak perlu membawa dompet atau kartu kredit anda secara fisik untuk berbelanja cukup membawa smartphone anda yang memiliki fungsi NFC. Aplikasi seperti Google Wallet dari Google, dan komponen pendukungnya seperti PayPass dari Mastercard telah banyak digunakan dinegara-negara Eropa serta India. Hal ini mendorong para merchant disana untuk menyediakan infrastruktur pendukung pembayaran melalui NFC yang dinamakan “Tag” atau semacam reader untuk perangkat yang memiliki NFC.

Google Wallet sendiri adalah dompet virtual yang bisa diisi dengan keterangan kartu kredit anda yang kemudian bisa digunakan pada merchant yang menerima Mastercard PayPass. Dengan sistem ini nomer kartu kredit anda tidak akan diketahui oleh merchant saat melakukan transaksi. Secara singkatnya anda seperti mempunyai Paypal yang bisa digunakan ditoko offline. Sayangnya penggunaan Google Wallet masih tersendat-sendat di Indonesia. Tetapi ada pula fungsi NFC yang bisa dirasakan manfaatnya oleh publik Indonesia.

Untuk home entertaintment, sudah cukup banyak perangkat yang memiliki NFC, misalnya kita bisa menghubungkan smartphone kita dengan smart TV yang mempunyai NFC, smart TV Samsung, Sony atau LG.

Kecepatan NFC masih jauh dengan bluetooth, ya mungkin karena kegunaan NFC yang lebih diprioritaskan pada kemudahan bertransaksi ketimbang transfer data video yang biasanya berkapasitas besar.

0 komentar:

Post a Comment

Rencanakan dan Wujudkan melalui kreatifitas Kami Hubungi Kami